Kamis, 02 November 2017

Materi kuliah Komputer Untuk Komunikasi

Posted By: H - 18.12


Input, Proses dan Output Komputer
    

Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh dari alat input antara lain:
1. Keyboard ➤ Papan Ketik yang berfungsi memasukan data baik itu Karakter atau nomor atau symbol.
2. Mouse Sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor (Pointer)
3. ScannerAlat input yang berfungsi untuk men duplikat/meng-copy teks/gambar dari kertas/foto dsb
4. Camera digital Input Gambar/image
5. Microphone Input Suara

Alat proses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input. contoh alat-alat proses antara lain :
 
1. Processor
Sebagai pengolah data serta  membaca instruksi dari memori tentang  apa yang harus dilakukan dan  mengeksekusinya
 2. RAM
Untuk menyimpan data dan instruksi  yang dibutuhkan untuk menyelesaikan  sebuah perintah
 3. ROM
Untuk menyimpan firmware
Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi. Contoh dari alat Output antara lain:
Monitor➤ Menampilkan display gambar, teks, symbol dsb
PrinterMencetak document yang telah kita buat
Speaker Memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
Proyektor sama seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding


Microsoft powerpoint

Apa pengertian microsoft powerpoint? Microsoft powerpoint adalah salah satu program paket aplikasi dari Microsoft Office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Microsoft powerpoint biasanya atau bahkan sering digunakan untuk keperluan presentasi dan mengajar dengan menggunakan output device proyektor atau biasa disebut OHP (Over Head Proyector). Selain itu, Microsoft powerpoint juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi sederhana, menyimpannya dengan format GIF (Graphic s Interchange Format).
Microsoft powerpoint juga menyediakan template-template pilih untuk membuat kreasi dan memperindah presentasi kita. Selain kita dapat memilih template yang sudah disediakan dan siap digunakan dalam aplikasi Microsoft powerpoint. Kita juga bisa mendownload macam-macam template powerpoint secara gratis disini atau sumber-sumber lainnya.
Kegunaan dan Fungsi Microsoft Powerpoint

Adapun kegunaan dan fungsi dari Microsoft Powerpoint ini adalah untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Microsoft powerpoint juga menyediakan mode transisi slide untuk membuat bentuk presentasi kita lebih menarik. Tersedia juga efek-efek animasi yang semakin mempercantik bentuk presentasi kita. Bisa juga digunakan untuk membuat peta denah lokasi.
Kelebihan Microsoft Powerpoint

Kelebihan Microsoft Powerpoint adalah sebagai berikut:
Mudah dioperasikan.
Tersedianya berbagai macam desain dan animasi.
Tersedianya berbagai macam template.
Bisa disimpan dalam format JPEG, GIP, PNG, TIFF.
Dapat menambahkan audio, video, gambar dan animasi.
Kelemahan Microsoft powerpoint

Kelemahan/kekurangan microsoft powerpoint adalah harganya mahal. Namun bisa juga menggunakan yang gratisan (versi bajakan)

Teknologi Informasi 


Ti adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan dan penyebaran informasi.
Ti adalah alat, teknik, cara yang dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan, sehingga pekerjaan menjadi mudah, cepat, baik dan banyak hasilnya.
Sistem informasi menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, penyebaran informasi.
Data : fakta mentah
Informasi : data yang telah diorganisir sehingga memberi arti
Pengetahuan : informasi yang diproses sehingga memberikan pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan

Microsoft Outlook


Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office . Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.
Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer. Tidak ada hubungan antara kedua program ini kecuali namanya. Outlook Express digantikan dengan Windows Mail dalam Windows Vista.
Salah satu tujuan Microsoft adalah membuat program surat-e yang mudah digunakan. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment e-mail.
 
 
Membuat Blog di Blogger
 

Syarat utama sebelum Anda membuat blog di blogger adalah memiliki alamat email yang masih aktif, jika Anda belum membuat email, silahkan baca tutorialnya di cara membuat email di gmail atau membuat email di yahoo. Sebelum tahap membuat blog, ada yang perlu Anda persiapkan terlebihdahulu, yakni sebuah logo unik yang dapat menggambarkan ciri khas blog yang nantinya Anda buat. Untuk membuat logo blog memang memiliki berbagai cara, Anda bisa membayar seorang designer logo atau membuatnya sendiri menggunakan program edit gambar seperti photoshop. Akan tetapi Anda harus mengeluarkan biaya dan bagaimana jika Anda tidak paham menggunakan tools photoshop? tentu ini menjadi kendala bukan? Untuk itu, saya akan memecahahkan permasalahan tersebut dengan merekomendasikan sebuah website membuat logo blog secara gratis dengan tampilan profesional, silahkan kunjungi Logaster.

Logaster adalah website yang membantu Anda membuat logo dan favicon blog secara online dengan mudah dan gratis. Anda tinggal memasukkan nama blog/website dan memilih topik sesuai dengan blog yang akan Anda isi nantinya. Layanan ini akan menampilkan puluhan logo blog, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan keiinginan dengan dengan format PNG, JPEG, PDF, dan SVG. Sebelum mendownload logo yang Anda buat, Anda juga bisa mengeditnya.

Oke, sekarang saya asumsikan bahwa Anda sudah memiliki alamat emai di gmail dan logo yang akan dipasang pada blog, untuk itu kita langsung saja untuk membuat blog.

1. Silahkan Anda kunjungi http://blogger.com/
2. Masuk/login menggunakan username/nama pengguna serta password gmail anda ( akun email anda bisa juga untuk login ke blogger).
3. Isilah formulir data Anda yang terlampir seperti:
  • Nama tampilan : isi dengan nama yang akan ditampilkan pada profile blog anda.
  • Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin Anda, misalnya: Pria.
  • Penerimaan Persyaratan : Ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Sebaiknya baca terlebihdahulu persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak blogger agar Anda mengerti.
  • Lalu klik blog baru..
  4. Selanjutnya isi formulir data blog Anda pada form yang disediakan seperti:

  • Judul : Isi dengan judul blog yang Anda inginkan, misal : Panduan dan Tutorial Blogger
  • Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan.
  • Template : pilih template (tampilan blog) yang Anda disukai
 5. lalu klik buat blog

6. Sampai tahap ini blog Anda sudah selesai dibuat, namun untuk menghindari anggapan spam oleh google sebaiknya anda mulai membuat artikel, minimal 1 postingan. Untuk membuat postingan/artikel ikuti tutorial blog berikut ini.

7. Klik tulisan "Mulai memposkan
8. Isi judul dan artikel yang ingin Anda postkan di blog
9. Setelah tulisan Anda selesai lalu klik "pratinjau" untuk melihat hasil sementara, jika sudah sesuai maka klik "publikasikan"
10. Selesai dan saya ucapkan "Selamat" publikasikan juga bog baru Anda pada sahabat atau orang terdekat Anda bahwa sekarang anda sudah memiliki blog.

About H

Magazine Power Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy